Tugas ke-2 Kimia Fisik 2 (larutan elektrrolit dan hub dengan jenis ikatan)



1.Hubungkan asam kuat dengan (tabel)teori hubungan larutan menghantarkan arus dengan jenis ikatan?
Jawab : 
                        
Asam Kuat : HCl, HBr, HI, HNO3, H2SO4, HClO3, HClO4.

Ikatan
Larutan
Lelehan
Ionik
+
+
Kovalen polar
+
-
Kovalen non polar
-
-
                 
1.    HCl : Merupakan ikatan kovalen polar, oleh sebab itu HCl dalam        larutan dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan dalam lelehan tidak.
2.     HBr : Merupakan ikatan kovalen polar, oleh sebab itu HBr dalam larutan dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan dalam lelehan tidak.
3.    HI : Merupakan ikatan kovalen polar, oleh sebab itu HI dalam larutan dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan dalam lelehan tidak.
4.    HNO3 : Merupakan ikatan kovalen polar, oleh sebab itu HNO3 dalam larutan dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan dalam lelehan tidak.
5.    H2SO4 : Merupakan ikatan kovalen polar, oleh sebab itu H2SO4 dalam larutan dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan dalam lelehan tidak.
6.    HClO3: Merupakan ikatan kovalen polar, oleh sebab itu HClO3 dalam larutan dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan dalam lelehan tidak.
7.    HClO4: Merupakan ikatan kovalen non polar, oleh sebab itu HClO4 baik dalam larutan dan lelehan tidak dapat menghatarkan arus listrik.

Komentar

Postingan Populer